Search Engine Submission - AddMe all about automotive: BMW Carbon Fiber Use for Project i

Minggu, 13 Desember 2009


KENDARAAN Megacity BMW, yang akan diluncurkan selama lima tahun ke depan akan banyak menggunakan material campuran ringan untuk dapat memenuhi tujuan sebagai kendaraan beremisi super rendah. Untuk itu, Kamis (29/10) lalu, BMW menyatakan join venture dengan ahli serat karbon dan material campuran (composite) SGL Group.

Kendaraan Megacity diperkirakan akan hadir dengan merek Isetta, sebagai sub-brand dibawah bendera BMW, yang akan meluncur di awal 2012. Terdengar pula kabar soal kolaborasi dengan Toyota yang akan memanfaatkan platform city car Toyota iQ yang akan membantu memenuhi jadwal BMW yang ketat untuk segera merealisasikan proyek ini.

Megacity adalah hasil dari proyek i BMW yang terfokus pada konsep kendaraan perkotaan untuk masa depan. Meski begitu, tidak semua mobil yang dibuat di bawah sub-brand BMW perlu berbagi dengan Kendaraan Megacity yang memiliki target super-high-tech. Beberapa mungkin akan menjadi lebih sederhana, lebih murah, dan lebih mudah tersedia.

Kendaraan Megacity sepertinya masih membutuhkan pengembangan hingga beberapa tahun lagi. Bahkan diperkirakan kendaraan ini baru akan dijual sekitar tahun 2014 hingga 2015. Contohnya adalah prototipe kendaraan listrik MINI E yang menjadi kendaraan pertama hasil kerja Proyek i.

Namun, kerja sama dengan SGL Group dan BMW akan membantu mencapai skala ekonomi yang dibutukan untuk menghasilkan serat karbon dan CFRP (Carbon Fibre Reinforced Plastic) pada volume dan harga untuk produksi masal.

Untuk urusan serat karbon, tentu saja BMW sudah tidak asing lagi dengan material ini. Pasalnya mereka telah lama berkutat dengan serat karbon dalam dunia motor sport mereka seperti pada versi BMW CSL dari divisi M mereka selama bertahun-tahun. (Cdx)

0 komentar:

Posting Komentar